Aplikasi yang digunakan untuk memulai pemrograman pembuatan website

Haloo blogger
Di artikel sebelumnya yang saya terbitkan, yaitu sebuah portal web klinik sebagai perawalan dari blog ini.
Mengapa kalian berpikir sedemikian rupa?? Kenapa tidak perkenalan atau yang lain?
Haha, saya sendiri tidak suka begitu bertele-tele jadi maaf jika terdapat kekurangan

Pertama-tama saya akan menjabarkan tools atau alat yang saya gunakan untuk membuat sebuah website.

Sebenar nya beberapa pemula pasti lebih mudah menggunakan dengan aplikasi IDE seperti dreamweaver, tp hal tersebut sebenarnya akan mempersulit para programmer, karena disana kita tidak memahami setiap element yang ada.

Ok langsung saja, berikut tools yang saya gunakan :

  1. XAMPP versi terbaru
  2. Sublime
Saya akan mengulas satu persatu apa itu dan apa kegunaan dari tools tersebut.

  • XAMPP
Merupakan sebuah free software/aplikasi gratis yang berisi bundle program dan beberapa tools yang dapat di download di official web Apache. Dan gunanta adalah sebafai server yang berdiri sendiri, terdiri dari Apache HTTP server, MYSQL database dan bahasa pemrograman(PHP dan Perl).
Kenapa harus versi terbaru??. Karena banyak fungsi dari versi lama yang sudah tidak dapat di gunakan lagi di beberapa platform.
Tool : xampp
  • Sublime

Sebuah text editor yang digunakan untuk menulis script atau koding, fungsinya hampir sama dengan notepad ++ maupun dreamweaver.
Sublime memiliki kelebihan dibanding dengan dreamweaver, yaitu kecepatan dalam pengaksesan aplikasi, tidak berat dan sangan kompatible di laptop . Dan memiliki kelebihan dari notepad++ yaitu sublime memiliki highlight pengkodean, sehingga kita dapat mengetahui keeroran yang terjadi karena kesalahan pengetikan, dan dapat melihat pembedaan disetiap elemen. Support terhadap bahasa pemrograman php, javascript, html5, java, dan yang lainnya.
Tool: sublime

0 komentar:

Post a Comment